• SMK TRISAKTI TULANGAN
  • Mencetak siswa yang benar-benar terampil dan siap kerja

Menuju Sekolah Berbasis GoTIK

Imbauan untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah sejalan dengan belum redanya pandemi virus corona membuat aktivitas sehari-hari terbatasi di sekitar tempat tinggal. Layanan internet pun kini menjadi kebutuhan pokok layaknya sandang, pangan, dan papan. Besarnya kebutuhan untuk mendapatkan layanan internet yang mumpuni menjadi tantangan tersendiri bagi para penyelenggara jaringan. Tak seperti waktu dulu, teknologi sangatlah berpengaruh dalam aspek kehidupan manusia dan ikut berperan dalam aspek kehidupan manusia dan ikut berperan dalam kehidupan masyarakat luas khususnya peran teknologi di bidang pendidikan kini memiliki peranan tersendiri dalam proses belajar mengajar.

Ujian berbasis komputer atau biasa disebut Computer Basic Test (CBT) yang sudah diterapkan oleh pemerintah ini sekaligus menjadi model percontohan digitalisasi bagi sekolah. Digitalisasi merupakan salah satu dampak langsung dari kemajuan teknologi yang tak dapat dihindari. Kertas dan alat tulis tak dibutuhkan lagi, sementara pendidikan tetap berjalan baik menggunakan metode digital. CBT berarti seluruh proses ujian dikerjakan melalui komputer secara online.

Untuk menjawab kebutuhan ini, SMK Trisakti Tulangan mengembangkan aplikasi Computer Basic Test (CBT) dalam melaksanakan ujian tengah semester. Aplikasi ini didesain dan dikembangkan sendiri oleh programmer sekolah kita. Dengan tujuan untuk membantu peserta didik mengerjakan ujian via online. SMK Trisakti Tulangan satu-satunya sekolah SMK swasta di Kabupaten Sidoarjo yang berhasil mengembangkan aplikasi CBT ini. Dengan memanfaatkan aplikasi ini maka sekolah mendapatkan keunggulan dari menggunakan aplikasi ini, yakni dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang tidak bisa dicegah, menghemat anggaran, menghemat waktu dan tenaga guru dalam proses persiapan dan sesudah ujian, dan memudahkan siswa saat mengerjakan, hasil ujian menjadi lebih cepat dan akurat.

 

Oleh Siti Amirulloh, S.Pd.

Tulisan Lainnya
Menyambut Ramadhan dengan Suka Cita

Iklan sirup berseliweran di televisi, toko-toko retail mulai menyusun kudapan khas puasa dan lebaran, ibu-ibu mulai riweuh dengan mode baju lebaran, dan penyedia layanan moda transporta

23/03/2024 11:48 WIB - Rahmad Satryo
MPLS 2019

Masa Orientasi Siswa (MOS), yang sekarang lebih dikenal dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilaksanakan oleh SMK Trisaksi Tulangan, Sidoarjo. Kegiatan itu bisa dijadikan s

19/06/2019 09:56 WIB - Administrator